Rabu, 11 Mei 2016

RPP

NAMA           : SANTIKA MAYA DIAH SARI
NIM                : 140721600585
OFFERING   : L
PRODI           : S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI
STRATEGI   : TEAM LEARNING

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN                 :  SMA/MA
MATA PELAJARAN                                    : GEOGRAFI
KELAS                                               : XI
TOPIK                                                            : GEOGRAFI SUMBER DAYA ALAM
ALOKASI WAKTU                          : 3 X 45 MENIT (2 X PERTEMUAN)

A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.2 Mensyukuri keberagaman sumber daya alam di Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.1 Menghayati perilaku arif dan bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya alam sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan SDA di Indonesia.
3.4 Menganalisis kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian, pertambangan, industri, dan jasa.
4.1 Menyusun laporan diskusi tentang kearifan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian, pertambangan, industri dan jasa.

C.   INDIKATOR
1.2.1 Menghayati keberagaman sumber daya alam di Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.1.1 Menunjukkan perilaku arif dan bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya alam sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan SDA di Indonesia.
3.4.3 Menelaah kearifan pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam segi budaya sekitar.
3.4.4 Mengaitkan pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam kegiatan pertanian, pertambangan, industri, dan jasa.
4.1.1 Menyajikan laporan diskusi tentang kearifan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian, pertambangan, industri dan jasa.

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat mengidentifikasi bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam  di Indonesia melalui diskusi.
2.    Siswa dapat menjelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian.
3.    Siswa dapat menjelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertambangan.
4.    Siswa dapat menjelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan industri.
5.    Siswa dapat menjelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan jasa.
6.    Siswa mampu menyusun laporan tentang kearifan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

E.  MATERI
1.      Macam-macam sumber daya alam di Indonesia
2.      Bentuk pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia
3.      Kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia
a.       Kearifan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian
b.      Kearifan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertambangan
c.       Kearifan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan industri
d.      Kearifan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan jasa dan pariwisata

F.   MODEL/METODE PEMBELAJARAN
Model              : Problem Based Learning
Metode            : Ceramah dan diskusi

G.  ALAT & BAHAN
     1. Alat      :
·         LCD
·         Laptop
·         Papan tulis dan spidol
     2. Bahan   :
·         Artikel tentang kearifan lokal masyarakat dalam pemanfaatan SDA di Indonesia.
·         Gambar-gambar tentang permasalahan eksplorasi SDA dalam kegiatan pertanian, industri, dan pertambangan  di Indonesia.

H.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama: 1 x 45 menit
Nama Kegiatan
Isi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembuka
·           Guru memberi salam dan melakukan presensi.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·           Kegiatan apersepsi, guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai SDA di Indonesia.
5 menit
Kegiatan Inti
·           Guru membagi artikel tentang kearifan lokal pemanfaatan SDA di Indonesia kepada siswa.
·           Siswa membaca artikel yang telah dibagikan oleh guru.
·           Siswa mengidentifikasi bentuk kearifan dalam pemanfaatan SDA di Indonesia berdasarkan hasil bacaannya tersebut.
·           Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk merumuskan pengaruh kearifan lokal terhadap pemanfaatan SDA Indonesia.
·           Siswa membuat laporan tentang hasil pekerjaannya.
·           Siswa mengumpulkan laporan pekerjaannya kepada guru.
 30 menit
Kegiatan Penutup
·           Siswa bertanya mengenai materi bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam yang kurang dimengerti.
·           Guru dan siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Guru memberi tindak lanjut kepada siswa untuk mempelajari kembali di rumah tentang materi yang telah dibahas untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit




2. Pertemuan Kedua: 2 x 45 menit
Nama Kegiatan
Isi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembuka
·           Guru memberi salam dan melakukan presensi.
·           Siswa mengingat kembali tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·           Kegiatan apersepsi, memberi gambaran tentang masalah yang konkrit mengenai pemanfaatan SDA di Indonesia.
10 menit
Kegiatan Inti
·           Siswa membentuk kelompok diskusi sebanyak 6 kelompok
·            Setiap kelompok diberikan 3 gambar tentang permasalahan eksplorasi SDA di Indonesia dalam beberapa bidang kegiatan yang berbeda (pertanian, industri dan pertambangan.
·           Siswa mengamati gambar yang telah disediakan.
·           Siswa mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut.
·           Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing tentang bentuk-bentuk pemanfaatan SDA yang tepat berdasarkan kearifan lokal masyarakat Indonesia
·           Siswa membuat laporan kelompok mengenai hasil diskusinya.
·           Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil laporan kelompok yang telah dibuat.
·           Tanya jawab mengenai hasil laporan dari kelompok yang presentasi.
·           Menyimpulkan hasil presentasi laporan masing-masing kelompok.
65 menit
Kegiatan Penutup
·           Siswa bertanya mengenai materi kearifan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian, pertambangan, dan industri yang kurang dimengerti.
·           Guru dan siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Guru memberi tagihan sebagai tindak lanjut berupa tugas mengerjakan lembar soal yang telah disiapkan guru.
15 menit




I.     SUMBER
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet

J.    PENILAIAN
1.      Jenis dan Bentuk
Sikap               : Lembar pengamatan sikap
Jenis tes           : Tes unjuk Kerja (membuat laporan hasil kerja)

2.      Instrumen
a.      Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik penilaian sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
3
Berkomunikasi
3.      aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.      aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b.      Lembar Penilaian Laporan
No.
Nama Siswa
Aspek  penilaian
Tepat (3)
Kurang (2)
Tidak Tepat (1)
1.
Merumuskan pengaruh kearifan lokal terhadap pemanfaatan SDA Indonesia.



2.
Menyebutkn bentuk-bentuk pemanfaatan SDA yang tepat berdasarkan kearifan lokal masyarakat Indonesia.





                                                                                    Malang, 09 Oktober 2015
Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran, Kepala Sekolah


­...............................                                                                     ...............................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar